Siswa-siswi SD Nusantara pagi ini. Di lapangan sekolah tampak beberapa kelompok siswa berkerumun memainkan permainan. Di salah satu sudut lapangan, siswa kelas V sedang bermain permainan “Penjaga Benteng”. Permainan ini adalah permainan tradisional yang cukup digemari oleh siswa kelas V.
Mari Bermain Penjaga Benteng!
- Bagilah kelas menjadi dua tim sama kuat.
- Satu tim bertugas menjaga benteng. Tim yang lain menjadi pengambil harta benteng (berupa pecahan genteng tanah liat atau semacamnya).
- Pertama-tama, tim penjaga benteng menyiapkan tumpukan-tumpukan kecil pecahan genteng tanah liat/semacamnya.
- Tim lawan, yaitu tim pengambil harta benteng, berusaha merobohkan tumpukan genteng dengan menggunakan bola kecil.
- Ketika tumpukan benteng roboh, semua anggota tim pengambil harta lari berpencar.
- Permainan pun dimulai!
- Anggota tim pengambil harta benteng harus berlari menghindari lemparan bola dari tim penjaga benteng.
- Bila salah satu anggota tim pengambil harta benteng terkena bola, ia harus keluar dari permainan. Ia tidak dapat lagi membantu timnya.
- Tim pengambil harta benteng dapat memenangkan permainan jika dapat mencuri kepingan pecahan genteng tersebut. Pecahan genteng tersebut diibaratkan harta benteng, satu per satu harus dipindahkan sampai habis, tanpa terkena lemparan bola.
- Tim pengambil harta benteng dinyatakan kalah jika semua anggotanya terkena lemparan bola.
- Ingat, bagian tubuh yang boleh dikenai lemparan bola hanya bagian kaki.
- Bermainlah secara bergantian sebagai penjaga dan pengambil harta benteng.
- Selamat bermain dengan bersenang-senang!
Membuat Catatan Kecil
Setelah bermain, diskusikan dan jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini!
1. Setelah bermain permainan “penjaga Benteng”, bagian tubuh manakah yang terasa paling lelah? Mengapa?
Setelah berlarian bagian tubuh yang merasakan lelah adalah bagian kaki karena harus banyak bergerak.
2. Apakah detak jantungmu bertambah cepat setelah kamu berlarian? Mengapa?
Saat berlari melibatkan banyak organ tubuh, akibatnya banyak organ tubuh yang membutuhkan suplai oksigen lebih. Semakin cepat berlari, semakin banyak oksigen yang dibutuhkan, Saat berlari, paru-paru bekerja keras mengolah oksigen, sedangkan jantung berdetak cepat memompa darah ke seluruh tubuh membawa oksigen hasil olahan dari paru-paru dengan kecepatan tinggi.
3. Bagaimana dengan pernapasanmu setelah terus berlari? Adakah perubahan yang kamu rasakan?
Kita harus melatih jantung dan paru-paru agar kuat dan sehat. Dengan melakukan olahraga secara teratur dan aman, kesehatan jantung dan paru-paru dapat terjaga. Hal ini karena keduanya merupakan organ vital bagi tubuh kita. Kedua organ ini terus bekerja tanpa henti sejak kita lahir sampai kita meninggal dunia nanti. Dengan melatih otot jantung dan paru-paru, kita dapat meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh kita.
Olahraga untuk meningkatkan kebugaran sebaiknya dilakukan secara rutin, ringan, dan tidak terlalu lama. Jika memungkinkan, secara berangsur-angsur ditingkatkan. Dari semula melakukan jalan kaki ringan, kemudian ditingkatkan menjadi berlari santai. Berenang adalah salah satu contoh olahraga yang dapat meningkatkan kualitas kerja otot jantung dan paru-paru kita. Berjalan, berlari, dan berenang merupakan kegiatan olahraga untuk melatih otot jantung kita.
Mencari dan Melengkapi
Carilah fungsi dari setiap bagian tumbuhan berikut! Lalu, jelaskan bagaimana manusia memanfaatkannya!
Ketika selesai berlari, jantung dan paru-paru tidak bisa begitu saja langsung bergerak pelan seperi saat keadaan tidak berlari, ini dikarenakan tubuh masih membutuhkan suplai oksigen lebih. Maka untuk beberapa saat, darah masih akan mengalir di tubuh dengan kecepatan tinggi, sambil menunggu keadaan tubuh kembali normal. Napasmu akan ngos-ngosan dan tubuh berkeringat, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh. Karena ketika berlari otot-otot rangka di tubuh kita menghasilkan energi dan panas. Kemudian panas ini menguap dari kulit dalam bentuk keringat.
Kegiatan Olahraga untuk Melatih Kerja Jantung dan Paru-Paru
Tahukah kamu bahwa organ jantung dan paru-paru kita sebagian besar adalah otot? Sebagaimana otot yang ada di seluruh tubuh kita, otot paru-paru dan jantung juga harus dilatih agar tetap kuat bekerja dan tidak mudah terkena gangguan fungsi. Otot yang tidak terlatih akan lemas, dan lama-kelamaan akan kehilangan kekuatan dalam bekerja. Otot yang tidak terlatih mudah mengalami cedera juga.Kita harus melatih jantung dan paru-paru agar kuat dan sehat. Dengan melakukan olahraga secara teratur dan aman, kesehatan jantung dan paru-paru dapat terjaga. Hal ini karena keduanya merupakan organ vital bagi tubuh kita. Kedua organ ini terus bekerja tanpa henti sejak kita lahir sampai kita meninggal dunia nanti. Dengan melatih otot jantung dan paru-paru, kita dapat meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh kita.
Olahraga untuk meningkatkan kebugaran sebaiknya dilakukan secara rutin, ringan, dan tidak terlalu lama. Jika memungkinkan, secara berangsur-angsur ditingkatkan. Dari semula melakukan jalan kaki ringan, kemudian ditingkatkan menjadi berlari santai. Berenang adalah salah satu contoh olahraga yang dapat meningkatkan kualitas kerja otot jantung dan paru-paru kita. Berjalan, berlari, dan berenang merupakan kegiatan olahraga untuk melatih otot jantung kita.
Mencari dan Melengkapi
Carilah fungsi dari setiap bagian tumbuhan berikut! Lalu, jelaskan bagaimana manusia memanfaatkannya!
No. | Bagian tanaman | Fungsinya | Pada tanaman tertentu, bagian ini bermanfaat bagi manusia |
1. | Akar |
| Ubi kayu, ubi jalar, talas (keladi), wortel, lobak, kentang, bengkuang, akar ginseng, akar alang-alang |
2. | Batang |
| Tebu, sagu, enau, sagu, dan enau, pohon jati, kelapa, meranti, mahoni. |
3. | Daun |
| Bayam, kangkung, sawi, daun pepaya, daun seledri, daun kemangi, pandan |
4. | Bunga | Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif (kawin) | Bunga kol, kubis, bawang, anggrek, sedap malam, bunga melati, bunga mawar, cengkeh. |
5. | Buah |
| Apel, jeruk, pepaya, nanas, pisang, mangga. |
6. | Kulit Batang | Melindungi jaringan yang ada dibawahnya | Kulit batang pisang untuk membuat bahan pakaian, kulit kina untuk obat malaria, Kayu manis untuk penyedap masakan |
7. | Getah | Getah pada beberapa tumbuhan berfungsi ebagai alat pertahanan diri | Getah dimanfaatkan untuk gondorukem, terpentin, kopal, karet, dan getah perca. |
Pohon kelapa yang Sangat Berguna!
- Bersama teman sebangkumu, carilah/gambarlah tanaman kelapa dari akar sampai ujung. Amatilah setiap bagiannya.
- Buatlah peta pikiran yang memiliki cabang-cabang berupa bagian-bagian dari tanaman kelapa. Gambarlah setiap bagian tanaman itu dengan teliti.
- Buatlah cabang baru yang menunjukkan tugas/fungsi dari setiap bagian tanaman. Gunakan tabel yang kalian miliki di atas untuk melengkapi peta pikiranmu.
- Buatlah cabang-cabang lain yang menjelaskan manfaat dari setiap bagian tanaman.
- Lengkapilah peta pikiranmu dan bersiaplah untuk mempresentasikannya di depan kelas.
- Presentasikanlah karyamu dengan penuh percaya diri!
Ni Putu Kendarinny, siswa SMAN 3 Denpasar berhasil meraih juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dilaksanakan di Universitas Jember. Ni Putu mampu mengalahkan puluhan finalis lainnya atas paparannya mengenai rahasia eceng gondok. Ternyata, tumbuhan yang selama ini banyak disia-siakan memiliki manfaat dalam ilmu kedokteran. Eceng gondok juga dapat dimanfaatkan bagi dunia bisnis dan memiliki peluang ekspor.
Hampir semua bagian tumbuhan eceng gondok dapat dimanfaatkan.
- Dari hasil analisis di laboratorium, tumbuhan eceng gondok mampu mengikat unsur logam dalam air. Oleh karena itu, eceng gondok sangat baik tumbuh di air kotor.
- Daun eceng gondok dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak.
- Serat eceng gondok dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan.
- Batang eceng gondok dapat digunakan sebagai penyangga rangkaian bunga.
Berbagai kegunaan eceng gondok tersebut belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat.
Sumber : arasy-hasan.blogspot.com
Setelah membaca bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Bagaimanakah tumbuhan eceng gondok dimanfaatkan?
Setelah membaca bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Bagaimanakah tumbuhan eceng gondok dimanfaatkan?
Daun eceng gondok dimanfaatkan sebagai pakan ternak, serat eceng gondok sebagai bahan kerajinan tangan, batang eceng gondok sebagai penyangga rangkaian bunga2. Mengapa temuan tentang manfaat tumbuhan eceng gondok ini menjadi penting?
Ternyata tumbuhan eceng gondok memiliki manfaat dalam ilmu kedokteran. Eceng gondok juga dapat dimanfaatkan bagi dunia bisnis dan memiliki peluang ekspor.3. Apakah pelajaran yang dapat kamu ambil dari bacaan di atas?
Ternyata tumbuhan yang dianggap sebagai gulma tersebut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan
- Amatilah dan catatlah pemanfaatan tumbuhan yang ada di rumahmu. Tumbuhan yang dimaksud termasuk semua jenis buah dan sayuran yang dikonsumsi oleh anggota keluargamu setiap hari.
- Catatlah dengan terperinci, bagian dari tumbuhan yang dipergunakan.
- Catat juga bagaimana bagian tumbuhan tersebut dimanfaatkan.
- Gunakan tabel di bawah ini untuk menuliskan semua hasil pengamatanmu.
No. | Nama tanaman | Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan | Manfaat bagian tumbuhan |
1. | Singkong |
| Dimakan sebagai sayur dan lalap Dimakan sebagai bahan makanan pokok |
2. | Bayam |
| Dimakan sebagai sayur |
3. | Pisang |
| Dimakan sebagai makanan pelengkap |
4. | Bunga kol |
| Dimakan sebagai sayur |
5. | Kubis |
| Dimakan sebagai sayur |
6. | Kayu Manis |
| Dimanfaatkan untuk penyedap masakan |
7. | Padi |
| Dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok |
Di acara tahun baru nanti, setiap kelas diminta untuk menampilkan sebuah pertunjukan. Siswa-siswi kelas V berencana membuat sebuah pertunjukan tari. Pertunjukan tari ini akan menjadi unik karena semua alat dan hiasan pakaian mereka akan dibuat sendiri dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan yang ada di sekitar mereka. Semua anak sibuk bekerja mempersiapkan pertunjukan itu.
Fungsi properti bagi sebuah tari adalah untuk pelengkap dalam tarian, dan agar terlihat menarik saat tarian berlangsung